Selasa, 28 Juni 2011

MENGHILANGKAN STRES


                Apabila ada orang lain selalu memaksakan kehendaknya dengan kamudan membebani kamu dengan segala kesulitannya, belajarlah mengatakan TIDAK! Karena ini akan lebih baik daripada kamu menderita dalam hati. You know what? Ujung-ujungnya yaa STRESS.
                Here we go, cara menghilangkan stress.
                Satu, jangan selalu tergantung pada orang lain. Berusahalah untuk mandiri.
Dua, jangan berburuk sangaka bahwa orang lain akan menghina atau membicarakan kamu, hati orang siapa tahu, kamu tidak mendengar langsung, bukan? Jadi lebih baik berpikiran positif daripada suuzon yang tidak jelas juntrungannya.
Tiga, jangan selalu mengingat kesalahan-kesalahan di masa lalu. Perasaan beesalah, penyesalan yang dalam dapat mempersulit karena menguras segenap pikiran dan tenaga kamu. Yang lalu biarlah berlalu sekarang tatap masa depanmu, karena apapun yang terjadi kamu tidak akan bisa kembali ke masa lalu, bukan, jadi berjalanlah terus ke dapan, jangan memikirkan segala penyesalanmu. Kata seseorang temanku, ‘Mengapa kaca depan mobil sangal lebih besar daripada kaca spion mobil? Tak lain tak bukan, karena masa depan lebih penting daripada masa lalu’.
Empat, janganlah menyimpan kemarahan dan frustasi. Utarakan dan bicarakan dengan orang yang bertanggung jawab atas terjadi hal tersebut, atau paling tidak bicarakan dengan seseorang yang sangat kamu percayai dan bisa memberimu ketenangan terlebih solusi.
Lima, luangkan waktumu setiap hari dan mulailah kegiatan baru. Meluangkan waktu memberimu sedikit jeda untuk lebih beristirahat atau lebih halusnya bersenang-senang dengan kegiatan baru yang positif dan tidakmembosankan menurutmu.
Enam, janganlah menjadi pengendara yang agresif. Mengalahlah pada ‘setan jalanan’. Jalankan kendaraan dengan sikap mengalah, karena mempedulikan para setan jalanan sama saja membuang tenagamu untuk memikirkan sesuatu yang tidak begitu bermanfaat.
Tujuh, janganlah menyimpan rasa dengki dan cemburu. Asal kamu tahu saja, rasa dengki dan cemburu memakan energimu. Gunakan energimu untuk sesuatu yang bermanfaat.
Delapan, jangan membiasakan sikap terburu-buru. Tindakan tersebut akan menjurus pada kesalahan, penyesalan, dan akhirnya stress. Siapkan waktumu sebaik-baiknya, kalau perlu atur jadwal harianmu agar hidupmu lebih teratur.
Terakhir, lakukan dengan hatimu, bukan hasratmu. Yakinlah kamu bisa, KAMU BISA !

Daftar pustaka : Buku Pintar Seri Senior oleh Iwan Gayo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar