Senin, 27 Juni 2011

PRINSIP


                Satu hal yang bikin aku tergerak buat nulis ini, mereka semua, sahabat-sahabatku, juga diriku sendiri. Masih berkutat tentang ABG Labil, kalo bahasa gaulnya yaa Ababil, masih juga ngomongin tentang sayang, tentang cinta, tentang trauma,juga impian, dan terakhir PRINSIP.
                Aku yakin, kalian, guys, pasti pernah ngalamin yang namanya kagum sama seseorang, entah karena parasnya, pembawaannya, atau sekedar cara jalannya, lalu berawal dari kagum jadi naksir, dari naksir kamu jadi suka, suka buat ngeliatin dia, suka buat ngeluangin sedikit waktumu buat curi-curi pandang ke dia, atau ngehabisin waktu berjam-jam buat liat akun jejaring sosialnya dan segala foto-fotonya. Perlahan kamu mulai cari tahu secara langsung ke temen-temennya, lalu kenalan, dan deket. Dari deket kamu mulai ngerasa klop sama dia, kamu ngerasa ‘ini lho tipe gue banget’, segala hal tentang dia jadi indah di matamu, lama-lama hafal kebiasaan dia, keburukan dia dan kamu mulai berani menyimpulkan kalau kamu sayang sama dia. Nah, kalo aku bilang ini awal dari masa yang biasa nenek bilang ‘kasmaran’.
                Bolak-balik ngeliat handphone, berharap nama dia yang muncul di layar. Kadang, kalo sehari aja nggak ada sms dari dia, kamu berusaha nyari sms-sms nggak penting buat kirim ke dia, seolah-olah kamu kirim ke semua orang, padahal the truth is, kamu Cuma ngirim ke nomor dia. Seneng, senyum-senyum sendiri pas ngebaca sms dia, bisa mikir lama buat mbales sms dia, mikir kata yang pas dan biar bisa nyambung terus smsnya dan nggak mentok sama satu topik aja.
                Sms udah, jalan udah, tinggal satu yang belum, ‘kapan sih dia nembak gue?’, rasanya baru nunggu sebulan kaya udah setaun, cuman gengsi dong yaa kalo kita sebagai cewek harus bilang suka duluan, harus ngungkapin sayang duluan. Pada akhirnya yang kita lakuin Cuma nunggu. Padahal yang ditunggu enggak ngerasa sama sekali kalo ditunggu, hidupnya biasa aja, sedangkan kamu, hidupmu jadi mangkir, jungkir-balik nggak keruan. Mukanya itu lho, serasa ada di depan jidat kamu, namanya kecap di otak kamu, kacau deeh. Tapi bisa apa, yaa Cuma nunggu, ada emang beberapa cewek yang bisa gamblang buat ngungkapin perasaannya, alhasil yaudah, kalo ditolak sakit hatinya nggak kelamaan. Tapi di sini masalahnya yaa itu, nunggu, sakit nggak sih nunggu lama, jujur nih, kalo aku sendiri, aku sakit.
                Ada sih yang udah berhasil jadian, tapi akhirnya yaa tetep sakit hati gara-gara putus. Sepele alesannya, gara-gara masalah kecil, wondering why? Yaa karena grusa-grusu kalo jawanya, belum kenal lama udah pacaran, belum hafal sifat yaudah mati di jalan waktu kecegat masalah.
                Kita emang pengen cepet, tapi bukan berarti pengen buru-buru. Kita emang pengen indah tapi nggak dengan masalah. Kalo mau lari yaa belajar jalan dulu, kalo mau terbang ya belajar lari dulu. Kalo filosofinya yaa Kota Roma nggak dibangun dalam waktu semalem.
                Semua ada batasnya, semua ada waktunya, kalo udah nyesek dan dia nggak ada harapan, tinggalin deh cari yang lain, lautan nggak diciptain buat 1 ikan aja meskipun ada banyak nelayan, lagian nggak semua nelayan bisa ngambil semua ikan, intinya semua dapet jatah. Nggak dapet ini ya cari yang laen.

                Kalo kasus lain, ada juga yang suka, kagum, dan naksir beraaat sama seseorang. Tapi, karena suatu hal, kamu nggak berani deketin dia. Hal yang bisa kamu lakuin yaa Cuma mandangin dia dari jauh, nggak bosen buat liat semua aktivitas dia sampe mampus, tapi nggak ada satu pun keberanian buat ngajak ngobrol, buat bisa kenal. Alhasil, yaa itu, Cuma ngagumin aja, nggak ada ujungnya, semua yang ada di pikiran kamu Cuma doa-doa tanpa usaha, Cuma impian-impian berjudul ‘andai’. Jadi nggak ada ekornya, nggak ada ujungnya, ujungnya yaa sakit hati nggak kesampean buat ndapetin dia, cuman masalah laennya, kamu punya ego yang gede bangeeeet, yakin 1800% kalo suatu saat Tuhan bakal mempertemukan kalian dan jadiin hari indah buat kalian, hey! Bullshit! Tuhan nggak kaan kabulin doa seseorang tanpa usaha bukan, sayangnya semua itu dibutain sama rasa suka kamu yang maha mega. Satu deh pencerahan, saat kamu kelimpungan mikirin dia, salting karena dia yang lewat tanpa sedikitpun tahu kehadiranmu, saat kamu belingsatan waktu tatapan kamu bertubrukan, hello! Buat kamu emang berkesan bangeeeet saat-saat itu, tapi kalian pernah mikir nggak sih, dia itu nggak kenal kamu, nggak peduli kamu pernah dilahirin di bumi ini buat salting saat dia lewat, atau bahkan peduli sama perasaanmu, intinya dia nggak kenal kamu sama sekali, apapun yang kamu lakuin ada di ruangan berbeda dari dia, jadi sama sekali nggak kesentuh sama dia, pointnya ya NIHIL. Jadi mending MAJU buat kenalan sama dia dan tahu dia lebih dalem atau mundur teratur kalo emang nggak ada nyali. Hidup bukan buat disia-siain nungguin seseorang yang nggak pasti.

                Oke oke, yang ada di pikiran kalian saat ini pasti, ‘ngomong emang gampang, ngelakuinnya, bos!! SUSAH’. Tapi gini deh, satu hal yang harus kita pikir baek-baek. Berapa sih umur kita? Limabelas, enambelas, tujuhbelas, kapan kita mau nikah? Enam, tujuh, atau delapan tahun lagi? Bisa kita pacaran selama itu? That’s just BULLSHIT! Mentok lama pacaran juga empat tahun, sisanya? Akhirnya kita juga harus ngabisin bebrapa tahun lagi kan sebelum akhirnya nikah, so? Apasih yang kita musti lakuin, yaa pacaran have fun aja, kalo putus bolehlah sakit hati, tapi nggak buat berlarut-larut, toh kita nggak akan nikah sama orang itukan, yang kita nikahin ya someone di beberapa tahun kemudian, belum tentu dia, kalopun emang dia jodohnya pasti dideketin lagi sama Tuhan. Nggak usah berat-berat deh mikirnya. Berharap sih berharap, tapi nggak buat nyiksadiri kan.
                Ngerasain sakit hati, ngerasain terpuruk, ngerasain sendiri, semua orang pasti pernah. Tapi pernah nggak mikir kalo kita bisa sembuh dari sakit hati sama cowok pertama dan beralih ke yang kedua, suatu saat kalo kita sakit hati sama cowok yang kedua, kenapa nggak kita coba buat bisa beralih ke cowok ketiga? Jangan pernah bilang nggak kuat atau nggak bisa, karena saat kita sakit hati sama cowok pertama, kita bisa beralih,kenapa yang kali ini nggak bisa? Kita ini kuat, kita nggak boleh lemah sama kondisi.
                Aku juga pernah dibilangin sama ustad, katanya kalo putus berarti dia bukan yang terbaik buat kita, itu artinya kabar bagus doong yaa, kan berarti ada yang lebih segalanya dari dia nanti kita, entah siapa,ntar jjuga dateng, kalo udah dateng dan putus lagi, artinya ada yang lebih-lebih bagus lagi dari dia, mantap nggak tuh?
                Dan 1 hal terakhir, kalo mantanku bilang, cewek itu makin gede harga dirinya, makin baik dimata para cowok, simpen body kita, jaga hati kita, jangan jadi cewek geleman guys, udah nggak usah yang namanya ngikutin kata orang ‘nggak gaul’, yang penting harga diri bos! Oh yaa, gengsi juga, cewek itu kudu punya gengsi, kita itu dicari sama cowok, bukannya nyari, kita tu tinggal diem, cowok yang berhak milih, makin kita bisa jaga diri, makin oke. Dan yang terpenting, satu prinsip yang menurutku harus dipegang sama cewek, ‘IF HE DOESN’T CALL YOU, HE JUST NOT THAT INTO YOU’, sekali lagi, cowok itu milih, jadi kalo dia nggak hubungin atau nyari kamu, itu berarti dia bukan buat kamu. Let’s fight girls! Saatnya move on !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar